Senin, 20 Oktober 2008

Selingkuh itu indah



penulis : Agus Noor
Penerbit : Galang press, Jogjakarta
Tahun : 2003
xiv + 237 hlm; 110 x 180 mm
ISBN 979 –9431 – 21 – 3

Ini adalah sebuah buku fiksi kumpulan cerpen cerita-cerita yang mengungkap sisi perselingkuhan. Sangat menarik untuk diikuti. Karena memfokuskan sesuatu yang diaggap aneh. Ceritanya sangat mengelitik dan kadang tidak kita sadari.

Gaya bahasa yang dituturkan khas cerpen. Banyak sekali kejutan-kejutan diakhir cerita yang tidak kita duga. Bahkan kadang merupakan inti dari kejadian-kejadian yang terjadi di awal penyebab kenapa keanehan terjadi. Kebanyakan cerita yang ditampilkan dalam bentuk alur mundur. Penceritaan dari sebuah kejadian dan kenapa bisa terjadi seperti itu.

Sebagai contoh judul selingkuh itu indah berkisah seorang yang membenci tentang perselingkuhan sebelum kenal dengan temannya. Setelah kenal dengan temannya dia jadi memahami memang selingkuh itu indah dan kenapa tidak dari dulu. Berpindah dari pelukan satu perempuan ke perempuan lain. Dengan bangganya dia merasakan dunia lain yang bebas. Yang merasa bahwa dia lelaki yang berutung bisa selingkuh tanpa diketahui istrinya yang setia sebelum dirinya disadarkan oleh teman lainnya yang menyadarkan bahwa istrinya sekarang digaet orang dan ternyata yang dikira istrinya setia ternyata juga main selingkuh. Celakanya lagi istrinya selingkuh dengan temannya yang mengajari untuk selingkuh. Sialan.....

Ceritanya unik banyak sekali cerita lain seperti Nocturno yang menceritakan istrinya dulu setia luar biasa dan sangat menggairahkan. Sangat menggoda. Tapi sekarang mencampakkannya, bahkan mempersilakan orang dan menarik orang ke rumahnya untuk ‘melayani’. Ketika dia sendiri butuh dicampakkan luar biasa. Tahu kenapa ternyata diluar dugaan karena seperti itu setelah tertabrak dan menjadi lumpuh tak bisa ngapa-ngapain.

Asyik sekali membaca buku ini dan penuh ending yang tidak diduga dan membuat penasaran. Silakan nikmati..

Tidak ada komentar: